Home / Travelling / Syarat Berkas Dokumen yang Perlu dibawa untuk Perpanjangan Passport

Syarat Berkas Dokumen yang Perlu dibawa untuk Perpanjangan Passport

Kantor Imigrasi SemarangHi, saya secara pribadi punya pengalaman dalam mengurus passport / paspor ke kantor imigrasi. Hal ini saya lakukan mengingat biayanya lebih murah dibandingkan biaya melalui biro jasa. Dari segi waktu pun pembuatan paspor hampir sama alias sekitar 2 minggu.

Jadi saya pikir, kalau kita sebagai anak muda, kita menjadi contoh juga, lebih baik kita urus sendiri, selain menambah experience, pengalaman kita, kita tahu juga birokrasi yang ada di negara kita Indonesia. Tahu seluk beluknya hehe…

Berikut ini adalah Syarat Berkas Dokumen yang Perlu dibawa untuk Perpanjangan Passport WNI :

1. Paspor Lama (asli), hal ini diperuntukan untuk perpanjang Passport Lama Anda. Jadi tolong dibawa ya.

2. Akta kelahiran (asli) yang ingin membuat paspor

3. KTP atau Kartu Tanda Pengenal (asli), milik pribadi ya, jangan pinjam punya tetangga hehe :)

4. KK atau kartu keluarga, hal ini berisikan anggota keluarga kita, dan nama kita pun tercantum di sana.

Yang perlu diperhatikan adalah NAMA kita harus sama persis, baik di KTP, AKTA kelahiran, Paspor LAMA, dan Kartu Keluarga.

Beda spasi saja bisa dipermasalahkan :)  Jika di KTP ada nama baptis, maka perlu dilampirkan juga surat baptis

Jika ada gelar di KTP atau di salah satu identitas, maka perlu dibawa ijazah pendidikan terakhir ya. Setelah saya cek, semua milik saya tak ada yang berbeda, alias sama persis.

5. Jika Anda bekerja di kantor, sebagai pegawai swasta, tolong dilampirkan surat referensi dari kantor yang bersangkutan.

Bagaimana mereka tahu kalau kita bekerja di kantor atau tidak? Ya Mereka akan melihat KTP kita, pekerjaannya apa. Ada case yang menarik, yang perlu Anda ketahui, KTP saya masih tertulis statusnya bekerja sebagai Pegawai Swasta. Padahal saya sejak bulan Maret 2012, saya sudah resign, keluar kantor dan tidak bekerja lagi sebagai pegawai swasta.

Ketika saya bawa berkas di atas semua, tanpa surat referensi kantor, ternyata memang dapat diproses, cuma, saya harus tetap diminta surat referensi surat keluar dari kantor. hmm padahal kantor saya di Jakarta, dan saya di Semarang. Karena, syarat tetaplah syarat, maka harus dipenuhi.

Saya langsung kontak HR kantor lama saya sqiva dengan Ibu Erwina, saya BBM, wuzz luar biasa, cepat dalam waktu 1 hari, esoknya, saya sudah terima dalam bentuk pdf, saya tak perlu lagi ke Jakarta. Melalui email yang dikirimkan, dan saya dapat print / cetak langsung di Semarang. Begitulah jaman sekarang, bisa dilakukan dengan cepat.

Berkas di atas semua dibawa ke kantor imigrasi. SEMUA BERKAS ASLI ya.

Sampai di sana, jangan lupa mampir di tempat foto copy, milik imigrasi, jadi berdekatan gitu, di dalam kantornya. Khusus kota semarang, letak foto copyan bersebelahan kantor ruang urus paspor.

Saya sempat fotocopy dulu semuanya di tempat foto copyan di luar kantor imigrasi, ternyata ditolak, tidak sesuai formatnya. Ya sudahlah saya fotocopy ulang ya. Formatnya adalah kertas quarto dan tidak boleh digunting kecil kecil ya.

Dan di tempat fotocopy di sana ada MAP KUNING, yang memang ditujukan untuk urus passport. Jadi tidak dapat beli di luar ya MAP Kuning ini.

Mengapa saya dapat tahu info ini? Karena saya sudah alami sendiri ya. Jadi ketika saya pertama kali datang, saya masuk gerbang pintu besar, dan taruh tanda pengenal di pos satpam. Ingat jangan tinggalkan KTP Anda di sana, karena mau dipakai untuk urus Paspor. Jadi saya tinggalkan SIM saya.

Setelah itu, masuk ke dalam ruang urus paspor, akan bertemu dengan perempuan wanita yang cantik, tapi tegas. Jadi berhati-hatilah, kita tidak boleh bercandain. Tegas sekali. (ini adalah tempat kantor imigrasi Semarang ya)

Di sana akan dibantu apa saja yang harus dilakukan. Hal pertama, pasti disuruh isikan formulir tentang pembuatan / perpanjangan paspor. Setelah itu fotocopy di sebelahnya, karena biasanya, fotocopy nya yang kita bawa sebelumnya tidak sesuai dengan format.

Setelah semua berkas dimasukkan dalam MAP Kuning, baik berkas asli dan fotocopy, silakan ambil nomer antrian dulu. Map kuning + formulir ini bayarnya sekitar belasan ribu, saya lupa tepatnya ya. Tidak sampai puluhan ribu.

Setelah dapat nomer antrian, menunggu dipanggil, untuk menyerahkan berkas kita ke meja berkas. Setelah itu, nanti disuruh kembali ke kantor imigrasi 2 hari berikutnya untuk foto dan wawancara.

Pakai pakaian rapi, dan berkerah ya. Warna bebas. Jangan pakai celana pendek. ^_^

2 Hari berikutnya saya kembali ke kantor imigrasi semarang, ambil nomer antrian kembali ya. For your information, sebaiknya datang lebih awal ke kantor imigrasi, agar tidak terlalu lama menunggu, sebisa mungkin datang sebelum jam 8 pagi ya, dan di hari kerja, senin – jumat. Kalau sabtu, hanya setengah hari.

Setelah ambil nomer antrian untuk foto dan wawancara, saya masuk foto, dan sidik jari. Dan diwawancara, biasanya ditanya, mau ke mana? Dengan tujuan apa? Simple. Setelah itu, kita harus melakukan pembayaran. Saya lupa, bayar dulu atau foto dulu ya. Maaf, saya lupa :)

Setelah itu, kembali lagi 4 hari kerja (hari libur, minggu tidak dihitung), paspor jadi, dan siap diambil. Untuk ambil paspor harus yang bersangkutan tidak boleh diwakilkan teman. Dapat diwakilkan jika ada surat kuasa.

Saat itu, saya dapat ambil paspor saudara saya, karena masih dalam anggota keluaga, satu Kartu Keluarga.

Hal terakhir adalah biaya paspor berapa? Dari mulai isi formulir, map kuning, dan paspor jadi total sekitar 250 ribu an. Tidak lebih dari 300 ribu. Hal ini lebih murah dibandingkan menggunakan jasa biro yang terdengar lebih dari 500 ribu.

Jadi total waktu yang dibutuhkan sekitar 2 minggu. 4 hari proses paspor, 2 hari menunggu foto dan wawancara, dan ditambah waktu hari minggu. Pada saat itu, ada yang menawarkan jasa cepat 4-5 hari, tetapi biayanya 750 ribu. :)

Saya pikir, lebih wise mengurus sendiri ya.

Semoga bermanfaat ya informasi ini.

Tuhan Memberkati Anda

About Ronny Setiawan

Saya adalah seorang Pebisnis Online, Penulis dan Training Leader di BelajarBisnisInternet.com. Visi saya adalah membangun dan memberikan pengaruh positif bagi generasi anak muda melalui komunitas dengan mempraktekan nilai-nilai kebenaran.
  • http://facebook.com/profile.php?id=1462924386 Botay Agata

    mantappp

Close