Home / Inspirasi / Sudahkah Anda merancangkan Visi – Goal Setting – Blueprint 2013 ?

Sudahkah Anda merancangkan Visi – Goal Setting – Blueprint 2013 ?

Visi Hidup Goal Setting Blueprint 2013Hi, tak terasa kita sudah berada di ujung akhir tahun 2012. Yaitu di bulan Desember 2012, dan sebentar lagi di tahun 2013. Sejak tahun 2006 hingga hari ini, saya terbiasa dan mendapatkan arahan untuk membuat visi hidup, goal setting, blueprint di setiap awal tahun. Di tulisan saya kali ini, saya memberi judul, Sudahkah Anda merancangkan Visi 2013?

Setiap pribadi dari kita pasti ada keinginan, kehendak, saya percaya akan hal itu. Terlepas, keinginan itu tercapai atau tidak ya. Saya akan menceritakan mengapa kita perlu membuat visi atau goal setting di awal tahun. Ya awal tahun identik dengan sesuatu yang baru. Jadi kita mulai dari yang baru, dengan semangat yang baru juga. Yang berlalu, biarlah berlalu, dan yang akan datang, kita sambut dengan semangat baru.

Saya akan memberikan ilustrasi singkat, seperti filosofi air, air di sungai ataupun air di mana pun, mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah atau dari rendah ke tinggi ?

Ya, semua kita setuju, bahwa air mengalir dari tempat yang tinggi ke rendah. Tidak mungkin dari rendah ke tinggi ya. Jadi kalau ada yang berkata, ah saya tidak perlu membuat begituan, karena lebih baik mengalir saja. Ya seperti air ya, artinya mengalir dari mana? Tinggi ke rendah.

Apakah Anda mau hidup Anda itu bergerak seperti air mengalir dari tinggi ke rendah? Tentu tidak ya. Setiap dari kita ingin memiliki impian semakin hari semakin lebih baik lagi dan semakin naik terus. Betul?

Jadi sebaiknya, kita tidak mengalir, nge flow, tetapi kita memiliki rancangan, gambaran, ke arah mana kita berjalan. Dan tentunya, kita bawa ke hadapan Tuhan, kita doakan, dan minta izin dari Tuhan. Karena kehendak-Nya lah yang jadi. Amin.

Di tahun 2013, saya sudah memilki gambaran, goal setting seperti apa yang akan saya lakukan. Namun saya belum menulisnya. Masih dalam gambaran benak saya. Ada baiknya, jika kita menulisnya, berikan tambahan gambar visualisasi yang menarik dan ditempel di tempat yang terlihat oleh kita  setiap hari. Biarkan Visi Goal Setting ini akan mengingatkan kita untuk terus maju meraih setiap impian kita.

Okay, visi, sebaiknya tidak HANYA berkaitan dan untuk diri kita sendiri. Ingat kita hidup sebagai makhluk sosial, jadi berikan yang terbaik untuk orang lain juga. Sebagai contoh yang sederhana, saya berkomitmen, di tahun yang baru, mulai tahun 2013, saya ingin berdoa setiap hari, mendoakan orang tua saya.

Contoh di atas, mungkin diantara kita masih jarang sekali berdoa untuk keluarga ataupun orang tua, hal itu dapat digunakan sebagai salah satu visi kita di tahun 2013.

Oh ya, satu lagi ya, visi sebaiknya spesifik, jelas. Hal ini akan lebih baik dibandingkan sesuatu yang masih agak gamblang atau abstrak. Contoh, Saya ingin sukses di tahun 2013. Ya itu terlalu general / umum. Lebih baik di persempit, seperti contoh, saya ingin sukses dalam bidang properti. Dan kalau mau lebih baik lagi, dibuat spesifik lagi, saya ingin melakukan investasi bisnis property 2 kos-kos an, di kota Jakarta, dengan mentor saya Pak Joe Hartanto

Semakin spesifik maka semakin lebih baik, karena terarah dan konkrit. Lebih baik lagi, ada bulan nya kapan. Misal di tahun 2013 bulan Februari. Nah lebih detail lagi ya. Semakin detail dan spesifik itu lebih baik karena akan mempermudah kita untuk melakukannya.

Contoh lain, saya ingin sehat di 2013. Ini pun contoh visi yang terlalu umum ya, lebih baik, saya ingin berenang 2x seminggu di Royal Dome Semarang di hari Selasa dan Sabtu sore hari. Bagus bukan? Spesifik.

Ada teman saya yang bertanya waktu itu, kalau begitu, kita seperti robot ya, tidak flexible ya? Saya jawab, ya bukan begitu juga. Manusia itu dinamis, dapat saja berubah kalau di saat tertentu ada event kejadian yang urgent. Misalnya, ada acara pernikahan teman dekat kita di hari sabtu. Maka jadwal renang kita bisa saja diganti hari lain. Bisa? Tentu bisa.

Paling tidak kita memiliki acuan. Dan setelah beberapa bulan berjalan, kita perlu juga evaluasi dari Visi kita.

Yang terakhir, buatlah visi dalam berbagai bidang, misalnya di bidang kesehatan apa, di bidang kuliah / pekerjaan apa, di bidang keluarga apa, di bidang sosial / rohani apa. Jangan melulu, kita mengejar dunia karir, pekerjaan terus menerus :) Pastikan hidup kita seimbang dan lebih berwarna.

Selamat membuat visi / goal setting / Blueprint 2013

Sukses selalu menyertai Anda dan saya.

God bless you all.

About Ronny Setiawan

Saya adalah seorang Pebisnis Online, Penulis dan Training Leader di BelajarBisnisInternet.com. Visi saya adalah membangun dan memberikan pengaruh positif bagi generasi anak muda melalui komunitas dengan mempraktekan nilai-nilai kebenaran.
Close