Home / Inspirasi / Seberapa Penting Mentor dan Komunitas itu ?

Seberapa Penting Mentor dan Komunitas itu ?

Hai, Saya ingin menceritakan satu kejadian yang luar biasa, saya berharap dapat membangun, dan menginspirasi juga semua yang membaca ini. Tulisan ini saya dasari betapa pentingnya mentor dan komunitas. Di dalam apapun itu, dalam bidang bisnis, pekerjaan, psikologi, kesehatan, kerohanian dan masih banyak bidang lagi, kita membutuhkan mentor dan komunitas.

Hal ini yang saya alami. Di tahun 2006, saya memiliki mentor dan komunitas dalam bidang kerohanian. Di tahun 2008, saya pun mendapatkan mentor dalam bidang edukasi. Berikutnya di dalam perjalanan hidup saya, di tahun 2010, saya mendapatkan mentor bisnis online

Definisi mentor adalah seseorang, yang menjadi pengarah, pembimbing, yang memberikan advice, masukkan saran, arahan dalam hidup kita sehingga menjadi lebih baik lagi.

Mengapa butuh mentor? Ya, kita manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, artinya, kita tidak dapat hidup sendiri. Betul atau betul? Ada yang bilang, kita harus hidup mandiri, tidak boleh bergantung pada orang lain. Ya betul juga, tapi tidak sepenuhnya demikian, kita tetap membutuhkan mentor. Seperti contoh, kalau Anda mau hidup sendiri, tidak membutuhkan siapa siapa itu sangat mustahil, Anda makan nasi bukan? Nasi didapatkan dari mana? Beras? Ya beras, siapa yang menanam? Apakah Anda sendiri?

Ya, artinya ada orang petani yang menanam untuk kita. Artinya, buang jauh jauh pikiran untuk hidup sendiri, tidak bergantung pada siapa pun juga.

Buang jauh jauh pikiran yang berpikir, saya tidak mau dibantu oleh siapapun juga, takut merepotkan orang lain. Itu artinya sombong, merasa dirinya yang Paling bisa segalanya, dan tidak mau ditolong. Padahal kita itu rapuh lho, kita butuh teman di sekitar kita yang menolong kita dan menguatkan kita, di kala kita sedih.

Jadi mentor itu yang menjadi panutan kita, menjadi pembimbing kita. Selain itu ada komunitas, yang se visi. Saya pun memilikinya. Saat saya tinggal di jakarta saya memiliki komunitas dalam kerohanian saya. Satu visi dalam komunitas, yang membuat saya kuat hingga hari ini.

Saya juga memiliki komunitas dalam bisnis, dan komunitas dalam organisasi lainnya pada waktu saat saya kuliah. Jadi saya katakan mentor dan komunitas itu penting. Ingat kita tidak dapat hidup sendiri ya.

Pada tanggal 26 September 2012, saya memutuskan untuk pindah ke kota Semarang. Eng ing eng, ya, saya berpisah untuk sementara dengan komunitas saya di Jakarta. Dan titik itu, saya berkomitmen, saya harus memiliki komunitas baru di kota Semarang.

Berikut ini foto foto yang diabadikan. Thanks all guys, buat dukungan, jerih lelah, doa, air mata, cie ileh… Saya percaya, di mana pun kelak kita pergi suatu hari. Kita masih tetap bisa bertemu. ^_^

Komunitas Sel
Komunitas Sel

 

Vicky
Vicky

 

Billy
Billy

 

Rio
Rio

 

Teddy
Teddy

 

Ribka
Ribka
Gea
Gea

 

Marco
Marco

 

Erik
Erik

 

Rani
Rani

 

Christin
Christin

 

Jenny
Jenny

 

Amel
Amel

 

Iin
Iin

 

Andre
Andre

 

Riko
Riko

 

Apriyanto
Apriyanto

 

One Two Three
One Two Three

 

Komunitas yang Saling
Komunitas yang Saling

 

Leaders
Leaders

 

Boneka dari Christin
Boneka dari Christin

 

We are One
We are One

About Ronny Setiawan

Saya adalah seorang Pebisnis Online, Penulis dan Training Leader di BelajarBisnisInternet.com. Visi saya adalah membangun dan memberikan pengaruh positif bagi generasi anak muda melalui komunitas dengan mempraktekan nilai-nilai kebenaran.
Close