Home / Travelling / Menemukan Rute Perjalanan Airline Terbaik dan Termurah ke Penang Malaysia – Bagian 3

Menemukan Rute Perjalanan Airline Terbaik dan Termurah ke Penang Malaysia – Bagian 3

Menemukan Rute Perjalanan Terbaik dan TermurahIni merupakan lanjutan dari artikel saya sebelumnya. Jika Anda belum membacanya, silakan baca di sini. Kali ini, saya ceritakan cara mencari rute tiket pesawat menuju Penang Malaysia dengan rute yang terbaik dan dengan harga termurah.

Dari sebagain kita pasti ingin ya, mendapatkan tiket pesawat dengan harga termurah, se murah murahnya dan dengan jam penerbangan yang tidak terlalu pagi dan tidak terlalu malam.

Di bawah ini adalah beberapa pertimbangan yang sering saya gunakan dalam membeli tiket pesawat apapun rute Anda.

1. Harga tiket pesawat yang terjangkau, sebisa mungkin murah bukan? Biasanya hal ini dikenal dengan harga promo.

Saat ini, sangat terkenal ya, airasia.com sebagai salah satu airline yang memiliki harga murah alias harga promo gila-gilaan. Saat ini Air Asia menduduki peringkat yang luar biasa dari sisi HARGA.

2. Reputasi airline yang digunakan, saat ini ada beberapa reputasi airline yang agak buruk. Hal ini dapat di riset melalui internet. Ataupun dari berita, seberapa seringkah airline tersebut Delay? Seberapa sering pesawat tersebut masuk berita, karena reputasi yang buruk, dan jatuhnya pesawat tersebut sehingga mengakibatkan kecelakaan.

Seperti contoh, ada tersiar info dari berita, ada pilot salah satu maskapai Indonesia yang menggunakan obat-obatan terlarang Narkotika. Maaf sebelumnya, saya bukan menjelek-jelekan penerbagan tersebut ya. Tidak ada maksud untuk menjatuhkan pihak tertentu.

Saat ini, saya pribadi sangat menyukai maskapai seperti Garuda Indonesia, Air Asia

3. Jam penerbagan pesawat tersebut. Alangkah lebih baiknya jam penerbangan tersebut tidak terlalu pagi hari, dan tidak terlalu larut malam. Betul?

Apakah Ada yang  mau terbang dengan penerbangan jam 11 malam hari? *kecuali terdesak, dan tidak ada penerbangan lain lagi. Betul atau betul?

4. Direct Flight VS Transit

Direct flight artinya penerbangannya langsung, misal, dari Kuala Lumpur ke Semarang dengan menggunakan Garuda Indonesia. Ternyata rutenya adalah Kuala Lumpur – Jakarta – Semarang. Jadi Garuda Indonesia harus transit dahulu (berhenti dalam kurun waktu tertentu), ke Jakarta, dan menlanjutkan ke Semarang. Hal ini biasanya dikenal dengan Connecting Flight.

Hal yang berbeda jika, Anda menggunakan Airasia, Kuala Lumpur ke Semarang, dapat dilakukan secara langsung, tanpa henti (Direct Flight)

4 hal tersebut yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan pemilihan rute perjalanan.

Saya juga menggunakan acuan di atas. Alhasil untuk perjalanan saya dari Semarang ke Penang. Saya menggunakan Airasia. Sayangnya, saya tidak mendapatkan rute flight yang direct dari Semarang ke Penang.

Semua penerbangan dari Semarang, memang tidak ada yang Direct atau langsung menuju ke Penang Malaysia. Mau tak mau, saya harus booking tiket pesawat 2x. Pertama, Semarang (SRG) – Kuala Lumpur (KL) dan dilanjutkan Kuala Lumpur (KL) – Penang (PEN).

Memang ada alternatif lainnya, seperti Semarang (SRG) – Jakarta (CGK) dan Jakarta (CGK) – Penang (PEN). Saya memutuskan lebih baik ke KL saja, karena dari sisi jam penerbangan yang siang hari dan harga biaya lebih murah.

Karena jika saya ke Jakarta dahulu, maka saya tiba di Jakarta itu malam hari dan tidak dapat saya lanjutkan ke Penang pada hari yang sama, sehingga saya membutuhkan tempat penginapan bukan? Tentu ada biaya lagi.

Saya putuskan dari SRG – CGK – PEN. Menggunakan AirAsia semuanya. Yang perlu diperhatikan di Kuala Lumpur Malaysia adalah airport di sana ada 2 airport yang berbeda. Yang pertama adalah LCCT (Low Cost Carieer Terminal) dan KLIA (Kuala Lumpur International Airport).

LCCT hanya untuk penerbangan yang “murah” seperti Airasia. Sedangkan untuk KLIA, ditujukan untuk penerbagan yang “Mahal”, seperti Garuda, Malaysia Airlines, dan sebagainya. Jarak antara LCCT dan KLIA tidak begitu jauh, jika naik taksi atau bus sekitar 20 menit.

Saya dari Semarang Selasa tanggal 30 Oktober 2012 jam 09.00 pagi hari dan tiba di Malaysia Kuala Lumpur jam 12.00 (local time in Malaysia). Jadi di Semarang dan KL ada beda waktu yaitu 1 jam. Dan setelah itu, saya melanjutkan perjalanan dari KL ke PEN pukul 5 sore :)

Berikut ini adalah foto-foto yang saya abadikan dalam kamera saya

Gate 4 Keberangkatan Internasional Semarang
Ini adalah Gate 4 Airport International Semarang
Balai Ketibaan Kuala Lumpur Malaysia
Balai Ketibaan Kuala Lumpur Malaysia
Suasana Airport LCCT Kuala Lumpur
Suasana Airport LCCT Kuala Lumpur
LCCT Kuala Lumpur Malaysia
LCCT Kuala Lumpur Malaysia
International Arrivals KL LCCT
International Arrivals KL LCCT

Sembari menunggu penerbangan berikutnya ke Penang, kami memang sengaja ada plan untuk makan siang dahulu di airport. Berdasarkan sumber informasi yang saya dapatkan, saya mendapatkan infomasi bahwa ada food hall yang relatif lebih murah dibandingkan tempat makan restoran biasanya. Yaitu terletak di ujung dekat keberangkatan bus bus. Bus ini biasanya mengangkut penumpang menuju KL Sentral Pusat kota KL.

Memang ada resto resto berjajar di Airport, begitu banyak, tetapi waktu itu, saya mencoba tempat yang di ujung sana. Tempat pun nyaman ber AC, dan bersih.

Suasana Tempat Makan di Airport LCCT KL
Suasana Tempat Makan di Airport LCCT KL
Tempat Makan Murah di LCCT
Tempat Makan Murah di LCCT

Tempat makan tersebut, ada WiFi nya juga lho, jadi dapat duduk duduk di sana menunggu keberangkatan selanjutnya. Makanan di sana berkisar RM 4 – RM 6, bahkan bisa lebih ya, tergantung porsi makan yang dipesan. Saya pikir harga di sini cukup pantas, dibandingkan makanan di Jakarta yang relatif lebih mahal.

Cukup sekian dulu ya, nanti saya akan lanjutkan di post berikutnya tentang bagaimana hari pertama saya di Penang Malaysia. Suatu pengalaman yang luar biasa. God is good all the time. ^ _ ^

About Ronny Setiawan

Saya adalah seorang Pebisnis Online, Penulis dan Training Leader di BelajarBisnisInternet.com. Visi saya adalah membangun dan memberikan pengaruh positif bagi generasi anak muda melalui komunitas dengan mempraktekan nilai-nilai kebenaran.
Close