Home / Travelling / Cerita Berobat Jantung Operasi Bypass di Penang Malaysia – Bagian 5

Cerita Berobat Jantung Operasi Bypass di Penang Malaysia – Bagian 5

Saya ingin melanjutkan cerita saya di Penang Malaysia, kalau Anda belum membaca cerita saya sebelumnya, Anda dapat melihatnya di sini

Jadi selanjutnya, setelah saya tiba di Rumah Sakit Adventist pada pukul 4 pagi, ya pukul 4 pagi, Anda tidak salah membacanya, saya harus tiba di rumah sakit pada jam tersebut untuk antri mengambil no tiket antrian untuk Dr Teh Aik Seng, di mana Beliau adalah dokter spesialis jantung yang terkenal. Saya tidak tahu sebelumnya kalau dokter tersebut begitu terkenal. Saat saya menemani ayah saya berobat ke sana, baru tahu, benar benar terkenal dokter tersebut. Pasalnya, tidak hanya didominasi pasien orang Malaysia, justru 90% yang berkunjung orang Indonesia.Ya Anda tak salah baca lagi, 90% orang Indonesia seperti Medan, Aceh, Surabaya, Jakarta, Makassar, NTT, dan masih banyak lagi.

Jadi saya tiba pukul 4 (di Jakarta dan Semarang, masih jam 3 dini hari), di RS Adventist counter tiket belum dibuka, di buka pukul jam 6. Terus apa yang saya lakukan selama 2 jam ? Apakah tidur di sana ? Oh ternyata jam 4 – 6 saya berbincang-bincang dengan Om dan Tante yang berobat di sana. Jadi pukul 4 pun, sudah ada yang antri.

Pukul 6, saya ambl nomer antrian, seperti gambar di bawah ini.

No Antrian untuk Registrasi Pasien lama dan baru
Mesin untuk mencetak No Antrian untuk Registrasi Pasien lama dan baru

Setelah itu, pukul 06.50, saya harus stand by di ruang registrasi. Jadi ada dua pilihan, apakah saya mau kembali ke apartment (berhubung apartment dekat) atau tetap menunggu di sana. Pada saat itu, saya berencana kembali ke apartment menjemput orang tua saya. Karena saya memang sengaja, biar saya saja yang antri :) Jam 7 kurang saya stand by di depan ruang registrasi untuk mendaftar sebagai pasien baru. Baik pasien lama atau baru, tetap harus mendaftar di sini. Jadi Anda mau berkonsultasi dengan dokter siapa di sana ? Anda sebaiknya membawa nama dokter siapa yang Anda ingin temui. Kalau Anda tidak tahu, Anda dapat bertanya kepada bagian registration, dan mereka akan merekomendasikan dokter siapa untuk Anda. Atau cara lain, yaitu dengan bertanya pada para pasien lainnya. Yang tidak lain dan tidak bukan orang Indonesia juga.

Meja Registrasi untuk Pendaftaran dengan Dokter
Meja Registrasi untuk Pendaftaran dengan Dokter yang ingin Anda temui
Mesin pencetak No Antrian Bersebelahan dengan Meja Registrasi
Mesin pencetak No Antrian Bersebelahan dengan Meja Registrasi

 

Setelah mendapatkan nomer antrian yang sebenarnya (no antrian khusus untuk dokter yang dituju), kami bergegas ke tempat makan. Kami hendak breakfast, alias sarapan dulu. Oh ya, Dokter Teh Aik Seng mulai buka pukul jam 8 pagi. Jadi mengapa saya tidak datang jam 8 pagi saja ya ? saya rasa Anda tahu jawabannya, mengapa saya datang pukul 4 pagi.

Saya mendapatkan informasi dari teman dan kerabat yang pernah ke Adventist, di Rumah Sakit tersebut, ada kantin, tempat di mana para dokter dan suster makan pagi dan siang di sana. Pukul 6 pagi, makanan pun sudah siap di sana. Makanan apa saja yang disajikan di sana ? Yes, untuk mendukung kesehatan, makanan yang disajikan adalah makanan vegetarian.

Saya pun menikmatinya, ternyata enak lho makanan di sana. Ya, seperti julukanya food paradise. Apalagi kalau keluar di daerah Rumah Sakit, Anda akan menemui makanan yang super yummie. Berikut ini gambar dari kantin, yang dikenal dengan nama Cafetaria.

Cafetaria Rumah Sakit Adventist Penang Malaysia
Cafetaria Rumah Sakit Adventist Penang Malaysia
Ruangan Cafetaria Adventist Penang Malaysia
Ruangan Cafetaria Adventist Penang Malaysia
Suasana di dalam Cafetaria Rumah Sakit Adventist Penang Malaysia
Suasana di dalam Cafetaria Rumah Sakit Adventist Penang Malaysia

Setelah kami menyantap makan pagi, kami kembali ke ruang tunggu untuk dipanggil oleh suster dan masuk ke ruangan dokter untuk konsultasi. Eng ing eng, kami masuk jam 11 siang. Luar biasa ya ? Saat saya antri jam 4 pagi, dan masuk jam 11 siang. Ya saya maklum, karena pasien di Rumah sakit tersebut banyak, dan Dokter juga melakukan visitasi alias kunjungan ke pasien pasien yang rawat inap, seperti yang telah melakukan operasi bypass.

Dr Teh Aik Seng Spesialis Jantung Adventist Penang Malaysia
Dr Teh Aik Seng Spesialis Jantung Adventist Penang Malaysia

Oh ya, hingga saat ini belum ada tagihan pembayaran sama sekali ya. Berbeda dengan di Indonesia, seperti di rumah sakit Semarang, ketika mendaftar karcis / tiket pun sudah ditarik uang, tarifnya. Padahal belum konsultasi ya. Kalau di Penang, konsultasi dokter dulu, setelah itu dilakukan pembayaran.

Suasana ruang tunggu Dokter di Adventist Hospital Penang Malaysia
Suasana ruang tunggu Dokter di Adventist Hospital Penang Malaysia

Karena, kami telah melakukan pemeriksaan cek lab untuk ayah saya, seperti hal nya kateter Jantung, maka di Penang, kami tidak perlu melakukan kembali. Karena data di Indonesia pun bisa dibawa ke sana, namum perlu diperhatikan adalah tanggal tes lab tersebut, tidak boleh melebihi 1 bulan.

Alhasil, kami lebih cepat satu step, dan dokter melihat hasil kateter, dan menunjukkan sebaiknya di operasi bypass, eng ing eng. Ya, kami pun sudah siap dengan hal itu. (Kami juga mempersiapakan, bahwa Tuhan, sanggup melakukan mujizat pada saat itu, berharap agar tidak perlu bypass).

Dokter menyarankan unuk bertemu dengan bagian pihak manajemen untuk mengatur jadwal operasinya. Saya bertemu dengan pihak tersebut, untuk mengatur jadwalnya. Ada satu hal yang menarik Tuhan lakukan pada saat itu. Nanti saya akan ceritakan di post berikutnya.

Berikut ini informasi tentang nomer telepon penting di Penang Malaysia yang saya rangkum berdasarkan apa yang saya alami pribadi

Have a nice day

About Ronny Setiawan

Saya adalah seorang Pebisnis Online, Penulis dan Training Leader di BelajarBisnisInternet.com. Visi saya adalah membangun dan memberikan pengaruh positif bagi generasi anak muda melalui komunitas dengan mempraktekan nilai-nilai kebenaran.

Baca Ini Juga

Penang Malaysia

Nomer Telepon Penting untuk Akomodasi dan Transportasi di Penang Malaysia

Hari ini saya akan membuat daftar nomer telepon penting untuk akomodasi, tempat tinggal, seperti apartment ...

  • http://www.lielieshop.com/ Ronny Setiawan

    Ada seseorang email kepada saya, dengan nama Hary. Saya berpikir untuk menuliskan di sini, sehingga dapat bermanfaat untuk yang lain juga.

    Berikut ini pesan singkat yang dikirimkan kepada saya

    Penasaran setelah baca blog tentang berobat di penang jadi mau tanya
    beberapa hal nih

    1. Apa tiap mau ketemu dokter harus antri jam 4 pagi ? atau cuma
    pertama saja ?
    Ya, dilakukan setiap kali ingin berkonsultasi kepada dokter dokter yang sangat banyak pasien. Seperti Dr Teh Aik Seng. Hal ini dengan tujuan, kita mendapatkan nomer antrian awal, sehingga masuk ke ruangan konsultasinya tidak terlalu siang.

    Saya rasa datang pada pukul 5 pagi masih cukup :)
    Jadi untuk pasien baru dan pasien lama tetap ambil nomer antrian. Tidak dapat booking.

    2. Berapa hari setelah konsultasi pertama dilakukan operasi bypass ?
    Hal ini tergantung daftar antrian operasi bypass. Karena ruangan kamar rawat inap yang terbatas, sehingga adakalanya antri, menunggu kamar rawat inap kosong. Ada yang 3 hari menunggu, ada yang 5 hari.

    Total perlu berapa hari sampai boleh pulang ke Indonesia ?
    Ayah saya total 5 hari di rumah sakit (rawat inap). Satu hari setelah bypass masuk ke ruang ICU, dan jika stabil, maka dipindahkan ke ruangan rawat inap biasa. Jadi untuk paket bypass, 5 hari. Hal ini juga tergantung pada kondisi masing-masing pasien.

    3. Harus siapkan uang berapa kalau operasi bypass ?
    Biaya paket bypass jantung dengan 5 hari (sudah termasuk dokter, obat selama di Rumah Sakit) dengan rawat inap sharing, satu ruangan dua pasien sebesar RM 30.300

    Terima kasih untuk waktu dan bantuannya

    Sama-sama Pak Hary

  • ita

    Hello ron, kebetulan cari informasi penang malah nyasar ke website kamu. Sekalian saya tanya waktu kamu ke penang bawa uang 30000nya dari indonesia gitu. Ato disitu bisa narik uang di atm. Kebetulan bokap saya juga kemungkinan mau operasi.

    • http://www.lielieshop.com/ Ronny Setiawan

      Halo Ibu Ita, maaf saya baru balas sekarang.

      Saya dulu, tidak bawa uang cash. Karena saya berharap, ada kemungkinan ayah saya tidak perlu bypass. Sehingga, kalau saya bawa uang ringgit dari Indonesia yang begitu banyak, alhasil, tidak jadi. Sayang kursnya kalau dikembalikan :)

      Saya pernah ceritakan juga tentang pembayaran ini di blog ini juga. Ada beberapa metode. Saya sarankan pakai kartu kredit karena lebih flexible. Kalau punya kartu kredit dari berbagai bank dibawa. Boleh gesek lebih dari 1x.

      Kalau limit kartu kredit, setahu saya maksimal limitnya 75 juta. Maka, ada solusi BCA, dana kita di freeze sesuai dengan limit yang kita inginkan. Bisa hingga ratusan juta limit kita nantinya. Dengan dana freeze yang lebih tinggi juga.

      Semoga membantu
      Thanks

  • http://facebook.com/profile.php?id=1233724579 Abraham Ronny Setiawan

    Hallo Pak, bapak bisa kontak melalui FB saya, atau email ya. info@ronnysetiawan.com. Saya akan bantu semaksimal mungkin. Saya biasa membalas maksimal 1x24jam

  • http://facebook.com/profile.php?id=1233724579 Abraham Ronny Setiawan

    Betul yang dikatakan Mariana Sibarani.
    Terima kasih telah membantu menjawabnya.

    Biaya untuk operasi bypass, seperti yang saya riset, lebih hemat dibandingkan di Jakarta :)

    kurang lebih 90jutaan. Waktu saya ke penang. :)

    Beserta akomodasi apartment dan saya pergi ber 4. kurang lebih 150. Bahkan kurang. Thx

  • http://facebook.com/profile.php?id=100003921925000 Siska Pakiding

    syalom,,, saya membaca info bapak d inernt, mengnai penyakit jantung ,, sy mo nanya berapa biaya klu pasang ring atau bypass ,,

  • http://facebook.com/profile.php?id=100003921925000 Siska Pakiding

    syalom,,, saya membaca info bapak d inernt, mengnai penyakit jantung ,, sy mo nanya berapa biaya klu pasang ring atau bypass ,,

  • http://facebook.com/profile.php?id=100002874058267 Eddy Gunawan

    Shalom pak Ronny,sy ingin bicara dgn bapak melalui Hp bpk,nomer berapa ya pak ?sy ingin tahu tentang

  • http://facebook.com/profile.php?id=1489257696 Munif Hr

    berapa biaya kalo pasang ring ?

  • http://facebook.com/profile.php?id=1447938317 Bambang Sugianto

    Pak Ronny, saya mau bertanya tentang operasi jantung buat anak saya, anak saya ada kelainan jantung dari lahir, skrg udah berumur 14 th, udah operasi berkali2, yg terakhir operasi Fontan 4 thn lalu di jakarta, seluruh aliran darah anakku tdk dilewatkan jantung tapi lgsg ke paru2, kondisi skrg anakku albuminnya habis terus, udah diinfus albumin habis 4 botol dalam seminggu albuminnya habis lagi tinggal 1,5 aja, dr bilang itu terjadi karena aliran darahnya kurang lancar sehingga albuminnya terserap ama usus lalu terbuang, rencana minggu depan mau dipasang Stend yg ukuran 20mm, alatnya udah ada tapi blm terdaftar di depkes, kalau nunggu2 izin dari depkes anakku gak mungkin bisa nunggu sementara kondisinya kan semakin parah bengkaknya disekujur tubuhnya. Yg mau saya tanyakan
    1. Kalau anakku mau saya bawa ka Penang mesti dibawa ke RS mana?
    2.saya mesti ke dokter siapa yg kira2 cukup berpengalaman menangani kasus seperti anakku.
    3.apa di RS nya juga udah tersedia stend dengan ukuran 20mm, sehingga anakku tdk menunggu2 terus.
    4. Tolong informasinya ya, Terimakasih.
    Saya tunggu informasinya secepatnya .